SN logo
<   Semua postingan blog

Apa itu skala Likert dan bagaimana serta kapan menggunakannya

Apa itu skala Likert dan bagaimana serta kapan menggunakannya

Apa itu skala Likert?

Jika Anda pernah mengikuti tes kepribadian, kemungkinan Anda telah menggunakan skala Likert. Secara umum, skala Likert mengukur berbagai tingkat sikap atau pendapat. Mereka biasanya terdiri dari pertanyaan atau pernyataan dengan lima hingga tujuh tanggapan yang mungkin, meskipun mereka dapat memiliki sebanyak sembilan tanggapan dan sesedikit tiga. Respons mencerminkan tingkat kesepakatan yang berbeda.

Lihat contoh berikut dari pertanyaan survei skala likert yang khas.

Di sini Anda dapat melihat contoh sederhana mengukur perjanjian dengan pernyataan tertentu.

Meskipun mereka umumnya mengukur kesepakatan, mereka juga dapat digunakan untuk mengukur:

  • Frekuensi (selalu, sering, sesekali, jarang, tidak pernah ...)
  • Nilai (tinggi, sedang, rendah ...)
  • Kualitas (sangat baik, baik, dapat diterima, buruk, sangat buruk ...)
  • Pentingnya (sangat penting, cukup penting, tidak penting ...)
  • Kemungkinan (pasti, mungkin, mungkin tidak, pasti tidak ...)
  • Kepuasan (sangat puas, tidak puas, tidak puas, sangat tidak puas ...)

Hal hebat tentang skala Likert adalah fleksibilitasnya!

Bagaimana dan kapan menggunakan skala Likert?

Skala likert berkembang melampaui ranah pertanyaan "ya" atau "tidak" yang sederhana, tetapi tidak cukup memberi Anda pendapat sedalam pertanyaan terbuka. Oleh karena itu, mereka membuat jalan tengah yang sempurna untuk mendapatkan pendapat dengan mengklik tombol, tetapi tanpa mengorbankan waktu peserta dengan menulis jawaban terbuka. Semakin sedikit waktu dan upaya untuk peserta, semakin baik, dan ini berarti lebih banyak tanggapan untuk survei Anda!

Mari kita lihat beberapa contoh ketika Anda mungkin ingin menggunakan skala Likert.

  • Mengukur kepuasan atau pemikiran karyawan tentang tempat kerja dan / atau pekerjaan
  • Minat atau kepuasan suatu produk baru
  • Kemungkinan untuk merekomendasikan produk atau layanan
  • Pendapat tentang ide atau perkembangan potensial
  • Mengukur kepuasan pelanggan

Hal hebat tentang skala Likert adalah seberapa fleksibelnya skala itu, dan mereka dapat dimodifikasi dan diadaptasi untuk sejumlah besar survei yang berbeda.

Gunakan kapan saja Anda ingin tanggapan spesifik atau lebih rinci, pastikan Anda menggunakannya dengan benar! Biarkan saya berbagi beberapa tips dengan Anda tentang cara menggunakan skala Likert.

Menggunakan skala Likert secara efektif

Skala likert bisa menjadi alat yang ampuh untuk survei Anda, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuat survei Anda sendiri. Ingat tips ini untuk memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari pertanyaan skala Likert Anda:

  • Cobalah membatasi pertanyaan hanya pada satu sifat. Berikut ini adalah contoh buruk pertanyaan Skala Likert karena menggunakan dua istilah terpisah, tidak terkait, fungsional dan terjangkau. Yang terbaik adalah mengevaluasi sifat-sifat ini dalam pertanyaan terpisah untuk hasil yang lebih baik.

Seorang peserta mungkin berpikir item itu fungsional tetapi tidak berpikir itu terjangkau, jadi ini bukan pertanyaan skala Likert yang dapat diterima.

  • Kelompokkan pertanyaan tentang topik serupa bersama-sama. Misalnya, jangan sertakan pertanyaan tentang layanan dalam kelompok pertanyaan yang berkaitan dengan kualitas produk Anda. Hal ini mencegah lompatan topik dan membuat survei lebih lancar bagi peserta. Ini juga membuatnya lebih mudah untuk melihat tren dan menganalisis data Anda karena pertanyaan serupa sudah akan dikelompokkan bersama.
  • Konsisten dengan skala dalam survei Anda. Seperti yang kita lihat di atas, Timbangan Likert dapat mengukur berbagai hal yang berbeda. Namun, mencoba mengukur segala sesuatu dalam satu survei akan meningkatkan kebingungan, dan beberapa peserta bahkan mungkin tidak melihat skala berubah! Karena itu yang terbaik adalah menggunakan hanya satu atau mungkin dua skala untuk survei.
    • Tip ekstra! Jika menggunakan dua skala berbeda dalam survei yang sama cobalah untuk memisahkan mereka sehingga mereka tidak bersebelahan.
  • Cobalah untuk tetap berpegang pada jumlah opsi ganjil. Meskipun Anda dapat menggunakan sejumlah opsi, ini memaksa peserta yang netral untuk condong ke satu sisi (baik positif atau negatif). Tidak memiliki jawaban yang cocok dan netral untuk peserta menciptakan stres dan membuat hasil survei kurang akurat.
  • Jadikan survei anonim untuk hasil paling akurat. Ini mungkin tidak cocok setiap saat, tetapi memiliki anonimitas mengurangi tekanan kesesuaian sosial. Jika, misalnya, Anda membuat survei kepuasan karyawan, maka karyawan Anda akan lebih cenderung menjawab bagaimana pendapat mereka jika mereka tidak perlu khawatir akan dipilih!

Cara membuat Timbangan Likert dengan SurveyNuts

SurveyNuts menawarkan berbagai jenis pertanyaan yang berbeda, dan dengan demikian ada lebih dari satu cara untuk membuat skala Likert. Tapi jangan khawatir, ini sederhana dan Anda akan menjadi ahli dalam menggunakannya dalam waktu singkat!

Metode #1: Menggunakan Opsi "Poll"

Seperti yang dapat Anda lihat dari opsi di atas, Anda harus terlebih dahulu menambahkan judul untuk pertanyaan Anda. Ini bisa berupa pernyataan atau pertanyaan. Kemudian, Anda ingin menambahkan tanggapan. Dalam hal ini, mari kita lakukan lima. Lebih banyak opsi untuk menambahkan jawaban akan muncul secara otomatis saat Anda mengetik, atau Anda dapat secara manual menambahkan lebih banyak jawaban dengan menekan tombol "tab".

Inilah tampilan pertanyaan skala Likert dengan opsi "polling". Karena Anda menginginkan satu jawaban yang jelas dan spesifik, yang terbaik adalah meninggalkan "izinkan beberapa pilihan" tidak dicentang. "Acak jawaban" juga harus dibiarkan tidak dicentang karena Anda ingin jawaban menjadi skala, dan harus berubah dari meningkat menjadi menurun atau menurun menjadi meningkat.

Metode #2: Menggunakan Opsi "Angka"

Ini mungkin terlihat sedikit lebih rumit, tetapi yakinlah itu lebih mudah daripada yang Anda pikirkan! Cukup tambahkan pertanyaan atau pernyataan di kotak utama untuk memulai. Kemudian, Anda dapat memilih "Peringkat Bintang" atau "Skala." Mari kita gunakan skala dari 1 hingga 7 untuk contoh ini. Saat menggunakan angka untuk skala Likert, Anda perlu mengklarifikasi angka mana yang ekstrem negatif dan mana yang positif. Ini sangat penting! Jika tidak, peserta Anda tidak akan tahu sisi mana yang harus dipilih. Anda dapat melakukannya dengan mudah menggunakan subtitle. Katakanlah 1 sangat tidak senang dan 7 puas sekali.

Beginilah seharusnya terlihat ketika dilakukan. Anda bahkan dapat menetapkan nilai untuk setiap nomor jika diinginkan, cukup tambahkan nilai di area "subtitle".

Metode #3: Menggunakan opsi "Matrix"

Ini mungkin cara terbaik untuk membuat skala Likert, atau setidaknya pertanyaan skala Likert yang serupa! Untuk ini, kami akan mengajukan pertanyaan yang ingin kami tanyakan di setiap baris. Mari kita coba dua pertanyaan sederhana. Kolom adalah berbagai skala dan jawaban. Mari kita lakukan 5 kolom, dengan skala dari "sangat tidak puas" menjadi "sangat puas." Anda mungkin bertanya pada diri sendiri apa yang harus kita masukkan untuk judul. Itu sepenuhnya terserah Anda! Untuk contoh ini, kami hanya akan mengatakan sesuatu yang sederhana seperti, "Silakan nilai pertanyaan berikut dengan jujur."

Setelah Anda melakukannya, skala Likert Anda akan terlihat seperti ini:

Ini membuka banyak kemungkinan bagi Anda untuk membuat skala Likert. Matriksnya juga bagus karena membuat skala konsisten untuk setiap jawaban!

 Sekarang Anda memiliki gagasan yang bagus tentang skala Likert dan bagaimana menggunakannya, cobalah menerapkannya dalam survei Anda berikutnya! Mereka akan membantu Anda mendapatkan opini yang lebih dalam, lebih akurat, dan membuat analisis respons sederhana dan efektif.




Indonesia
arrow